Tujuan utama sertifikat ISO adalah untuk kepuasan pelanggan. Bahwa suatu institusi yang memperoleh sertifikat ISO telah dijamin telah menerapkan manajemen yang memenuhi standar yang ditetapkan ISO, pada gilirananya jika sudah dipercaya pelanggan institusi/perusahaa n barang dagangannya akan laku. Jika perusahan sudah dipercaya dan sudah laku keras dagangannya sertifikat ISO justru dapat membebani keuangan perusahaan. Pertanyaannya apa bisa perusahaan dapat dipercaya pelanggan tanpa Sertifikat ISO ? Karena Propaganda ISO berhasil maka perusahaan yang tidak bersertifikat ISO dianggap tidak memenuhi standar kualitas.
Untuk mendapatkan sertifikat ISO sulit namun yang lebih sulit adalah memeliharanya. Sumberdaya yang ada dituntut lebih disiplin dan dituntut pula kompentesi yang lebih tinggi dari pada yang sebelumnya sementara pendapat benefit guru/tenaga lainnya belum tentu meningkat. Indikator bermanfaatnya ISO adalah jumlah pelanggan meningkat dan dipercaya akan produknya. Nah jika seperti itu sekolah dapat lebih memperdayakan peran serta orangtua siswa untuk pembiayaan peningkatan biaya operasional sekolah dan penghargaan kompentesi SDM yang melebihi standar. Sekolah yang sehat adalah jika cashflow keuangan sekolah sehat pula. Lalu apa artinya sertifikat ISO 9001: 2000 jika sekolah masih sulit memperdayakan orangtua siswa dan sekolah masih sangat tergantung dari dana subsidi.
Agus Supriyanto, MT
Subdit Kelembagaan Sekolah
0818722535
1 komentar:
Emang benar, lebih susah memeilhara daripada membuat
Posting Komentar